Recovery HDD Error

Recovery HDD Error
24/04/2020 No Comments Informasi admin

HDD dengan colokan SATA / IDE / USB bermasalah error / rusak / tidak berfungsi / no detect / lambat mesti segera cabut kabel power SATA / USB. Kenapa ? Karena sangat besar kemungkinan beresiko tambah error / bad sector.

Data Harddisk disimpan dalam sebuah cakram piringan / platter. Saat kita mencolok kabel power SATA / USB maka piringan ini akan berputar 5400 atau 7200 putaran per menit dan akan berusaha mencari area sector untuk siap-siap bekerja / beroperasi melakukan tugas.

Saat sebuah HDD bermasalah maka pembaca akan berusaha mencari dan membaca area sector yang error dan berusaha terus sampai harus sukses membaca dengan benar. Apabila area sector yang dibaca oleh pembaca tidak berhasil maka yang terjadi adalah :

  1. Bad sector akan bertambah
  2. Area Bad jadi bad permanent
  3. HDD jadi panas dan pembaca tambah lemah sampai pembaca rusak.
  4. Resiko platter damage / platter scratch.

Banyak orang tidak mengetahui akibatnya seperti 4 point di atas. Apabila bad sector atau area bad maka kita akan lewatin area bad tersebut dan baca area yang bagus. Apabila pembaca rusak maka kita harus ganti pembaca sejenis yang namanaya donor. Apabila platter damage / platter scrach di area SA, maka tentu saja kasus ini ditutup atau tidak bisa direcovery datanya. SA = Service Area berisi informasi jati diri sebuah harddisk seperti model, part number, serial number, made in, date pembuatan dan lain lain.

Apabila sudah kejadian seperti 4 point di atas baru bawa kemari, kita akan berusaha dengan maksimal karena kalau dibicarakan ulang juga tidak ada gunanya. Jadi yang bisa kita kerjakan adalah berusaha dan berusaha dan semoga lain kali tidak seperti kejadian di atas. Jadi di atas hanya informasi buat orang yang belum mengetahui kenapa sebuah harddisk bermasalah tidak boleh mencolok kabel power SATA / USB.


Selain itu juga banyak kasus yang masalah terformat / terinstall OS pada HDD dan berusaha mencoba selamatkan data. Perlu diketahui, data ada di dalam piringan dan hanya ada 1x percobaan saja, apabila terjadi kesalahan maka tidak bisa dikembalikan dengan sempurna lagi. Jadi saran kita apabila bagi yang ingin mencoba kasus yang terformat / terinstall OS pada kondisi health harddisk bagus maka buatlah duplikat dulu. Kemudian lakukan percobaan pada harddisk duplikat ini. Tiap hari kita menerima kasus yang sudah mencoba sendiri baru bawa kemari. Walaupun kita bersertifikat dari eropa dibidang data recovery harddisk tetapi kita tidak bisa mengubah keadaan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Kejadian fatal yang dilakukan adalah murni human error dan kita tidak bisa ubah keadaan human error ini, kita hanya bisa berusaha saja.

Kasus-kasus terformat bisa kita kerjakan 100persen data bagus balik kembali apabila belum dikerjakan apa-apa. Kemudian terinstall OS belum dikerjakan apa-apa, ada kemungkinan data kembali 100persen dikurangi resiko data yang terinstall saat ini.

Semoga bermanfaat informasi di atas.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Silakan Tanya di Sini